Ocehan Gue Nih :D

Tuesday 12 July 2011

Novel - Sekedar Sharing :D

Hey guys, lagi dan lagi gue nggak sempet nerusin postingan-postingan gu jadi masih aja tersimpan rapih banget (sangking rapihnya sampe gak pernah kesentuh) di draft hihi. Tinggal tunggu waktu aja sih kapan gue-nya mau nyelesein hihi.
Oke tanpa panjang lebar lagi, disini gue mau sharing beberapa novel (pinjam dari perpustakaan :p) yang akhir-akhir ini gue baca. Yah, siapa tau ajah kalian tertarik dan juga mau ngebaca hihi. Okee, cekidot guys...
1. Dia (Nonier, GagasMedia)

Click to enlarge
Secara diam-diam, Denia menyimpan rasa cinta terhadap Janu—sepupu jauhnya yang sudah seperti kakak kandung. Kebersamaan mereka sedari kecil membuat Denia—tanpa sadar—memiliki rasa sayang melebih seorang adik terhadap kakaknya.

Namun, semua perasaan itu harus luluh lantak ketika Janu memutuskan untuk bertunangan dengan Sasa—seorang model terkenal. Dan, lagi-lagi Denia harus meredam perasaannya ketika ia diminta untuk menghadiri pesta pertunangan Janu.

Di saat itulah, kesedihan Denia tertangkap lensa kamera. Hal ini diketahui secara tidak sengaja oleh Saka—cowok menyebalkan yang kebetulan satu kereta dengan Denia saat ia berangkat menuju Jakarta.

Sejak saat itu, secara tidak sengaja Saka mulai memasuki kehidupan Denia. Dengan gayanya yang menjengkelkan dan kejam, cowok itu mampu membuat Denia naik darah setiap kali bertemu dengannya. Saka yang mengetahui perasaan Denia terhadap Janu, mengancam akan memberitahukan kebenaran itu kepada Sasa.

Sayangnya, ancaman itu benar-benar terjadi meski pada kenyataannya bukan Saka yang membeberkan rahasia tersebut. Keadaan pun menjadi runyam. Sasa begitu marah terhadap Denia, Janu merasa terkejut dengan pengakuan Denia, dan Denia merasa kesal karena rahasianya itu akhirnya terbongkar juga.

Seiring dengan adanya kejadian itu, kondisi makin tidak menyenangkan. Meski Denia sudah berupaya melupakan Janu, Sasa tetap saja menerornya. Bahkan, Sasa mengatakan penyebab putusnya pertunangan mereka karena Denia.

Tidak hanya itu, Janu pun baru menyadari perasaan terpendam yang ia miliki terhadap Denia. Dan di saat cinta Denia akan segera terbalas, kenapa ada ganjalan untuk merasa bahagia dengan orang yang dulu pernah dicintainya? Lantas, apakah desir yang terasa di dadanya saat Denia berada di dekat Saka merupakan percikan rasa cinta walau ia merasa sebal jika bertemu dengan cowok itu?

Cerita dalam novel Dia karya Nonier yang diterbitkan GagasMedia ini adalah cerita tentang kejujuran hati terhadap perasaan yang kita miliki. Orang yang kita cintai tak akan pernah tahu jika kita tidak mengatakannya. Ketika semua sudah terlambat, hanya penyesalan dan nyeri di dada yang akan terasa. Dengan mengatakan apa yang kita rasakan, setidaknya kesempatan untuk menggapai kebahagiaan bisa terwujud.

2. Separuh Bintang (Eveline Kartika, Gramedia)
Click to enlarge
Cinta itu nggak butuh alasan. Jika cinta membutuhkan alasan, ketika alasan itu hilang, cinta juga akan hilang bersamanya.... Lalu ketika seseorang yang kita cintai itu menghilang, apakah kita juga harus hilang bersamanya?

Dunia seakan terbalik bagi Chiara. Dalam sekejap hidupnya yang penuh kebahagiaan berubah. Setelah tahu statusnya sebagai anak haram----yang menyebabkan ayahnya marah dan kabur dari rumah, ditambah meninggalnya ibu dan kakaknya----Chiara mengunci rapat-rapat sebagian dirinya.

Di tengah kesedihan dan keterpurukannya itu, Aldy, sahabat sejatinya sejak kanak-kanak, selalu setia menemaninya. Tapi, bisakah kesabaran dan ketulusan Aldy membuat Chiara bangkit lagi? Atau mungkin, perlu muncul kisah dan tokoh baru untuk memulai episode hidup Chiara yang selanjutnya? Who knows?

3. My Stupid Bos 2 (chaos@work, GradienMediatama)
(sorry, ga ada sinopsis, heheh)











4. The Devil Loves Cinnamon (Ima Marsczha, GagasMedia)
Bermula dari Widya yang depresi karena bundanya dalam kondisi koma, dia melakukan hal gila dengan melakukan ritual pemanggilan setan, demi mendapatkan satu permintaan. Sesuai dengan buku yang dia dapatkan dari seorang laki-laki tua, dia membuat lingkaran dari cinnamon powder dan melked chocolate. Tanpa dia duga ternyata ritualnya berhasil memanggil setan.

Kesempatan itu tidak disia-siakan Widya, segera dia mengajukan permintaan "Sembuhkan Bunda". Tapi, setan cowok ini hanyalah makhluk ciptaanNYA yang juga tak punya kuasa mengatur nyawa manusia. Terjadilah perdebatan antara mereka. Setan meminta Widya segera mengganti permintaannya, karena setan baru bisa kembali ke neraka jika dia telah mengabulkan permintaan pemanggilnya. Tapi, Widya tetap tidak mau mengganti permintaannya, dia sangat menginginkan bunda yang dia sayangi sembuh.

Perseteruan yang terus menerus ternyata menciptakan kedekatan di antara mereka. Dan tanpa disadari Widya jatuh cinta dengan sosok setan yang sebenarnya tak tahu apa itu perasaan.

***

Di awal, ceritanya berjalan sangat lambat, terlalu banyak detail yang gak penting, seperti gerakan tangan yang diceritakan dengan sangat detail, tapi tidak terlalu penting dalam mendukung cerita. Selain itu banyak sekali pengulangan kata yang bikin gak nyaman. Seperti kata “-nya” yang digunakan berulang kali

Setelah itu, barulah Widya bangkit dari duduknya dan menghampiri ibunya. Dia menarik kursi ke sisi tempat tidur ibunya” [hal 17]

Dan cerita baru terasa "rame" begitu masuk ke bab 6---separuh “perjalanan”---muncul tokoh "Ananta Putra Wildansyah" yang merupakan setan versi manusia.

Ada bagian cerita yang menurutku gak terlalu urgent untuk diceritakan, yaitu pada cerita pertemuan Widya dengan Radit, terlihat seperti numpang lewat, karena sepanjang cerita menuju akhir pengaruh kisah Radit tidak terlalu besar dalam cerita.

Lepas dari itu semua, aku suka dengan ide ceritanya. Mengambil tokoh setan yang bisa dibilang masih “tabu” untuk diwujudkan dalam cerita. Nice.

Seandainya cerita ini memang terjadi, mungkin manusia sebaiknya berhenti mencari alasan untuk berhenti mencintai” [hal 243] (http://jendelakumenatapdunia.blogspot.com/2009/03/devil-loves-cinnamon.html)

5. Pillow Talk (Christian Simamora, GagasMedia)
Click to enlarge
Kami bersahabat sejak kecil. Tepatnya, kalau ada kata lain untuk menggambarkan sesuatu yang melampaui ‘sahabat’, maka kata itulah kami. Berbagi cerita, berbagi rahasia. Bahkan, tanpa disadari, kami pun berbagi cinta. Tapi, apakah kau tahu, rasanya saling mencintai namun bertahan untuk tidak saling memiliki? Percayalah, ini lebih buruk dari sekadar patah hati. Ini bukan kisah cinta yang ingin kau alami.






6. Mommy Katrok Bin Ndeso (Tria Ayu K, GradienMediatama)
Mungkin kamu pernah kepergok Jenny McCarthy dalam buku Belly Laughs. Artis yang sempat jadi model majalah Playboy ini curhat seputar kehamilannya yang ditulis seru dan heboh.

Namun ada kisah yang tak kalah seru dari seorang ibu yang sempat tinggal di desa, tepatnya di pinggiran barat kota Jogja. Terkemas dalam suguhan personal literatur, dengan semangat mendermakan gokil. Ditulis Tria Ayu K, buku ini diberi judul Mommy Katrok bin Ndeso. Isinya? "Kisah gokil masa hamil, melahirkan, ngurus anak, dan hidup di kampung maniak kerja bakti n subur gosip ;)" demikian tulisnya di status Facebook beberapa saat yang lalu.

Kalo sekilas baca dari blurb buku ini, memang sudah super duper gokil. Nih, testimoninya:

Sewaktu gw hamil:

  • Gw ngebo berat, dalam satu hari bisa tidur 18 jam.
  • Perut gw pernah kepentok pegangan gerobak tukang tahu kentaki.
  • Jadi cinta bau ketek suami orang… eh, suami gw sendiri, hehe.
  • Alergi orang jelek, apalagi yang berkumis.
  • Dalam sehari makan nasi 5 piring ditambah makanan-makanan lainnya.
  • Kegiatan utama sehari-hari: Makan, tidur, dan pipis.
  • Keranjingan USG, cuma buat liat makhluk mungil kayak alien sepanjang beberapa cm.
  • Muntah kalo nyium bau sabun cuci dan ketumbar.
  • Pede beli baju-baju hamil ukuran S, gak nyangka kalo bakal nambah BB 17 Kg.
  • Pernah nyaris semaput gara-gara keasyikan belanja buat lebaran.
  • Aura cantik memancar terang, kulit lebih cerah, dan wajah jadi lebih manis menggoda.

Mommy Katrok bin Ndeso dirilis awal April ini, tepat saat penulis mengandung anak kedua. Nampaknya, kedetailan humornya memberi kesan yang membekas dan mewakili kecintaannya pada dunia tulis yang sayang bila dilewatkan.

Tentu banyak bumbu humor yang mudah kamu temui dalam buku terbitan Gradien ini. Seperti guyonan sehari-hari selama lebih dari sembilan bulan ini bisa kamu jumpai dalam buku ini. Misalnya saja perkara tebak-tebakan apakah anaknya berambut lurus ato kriting, ngidam, seputar membesarkan anak, imunisasi, toko online, dan lainnya. Tidak saja drama gokil sepanjang masa hamil. Suasana horor saat gempa Jogja di tahun 2006 juga terselip di buku ini.

Yang lebih parah dan bikin ketawa? Masih banyak! Buku ini cocok dibaca oleh siapa saja yang pengin ketawa ato penasaran dengan aroma gokil ibu hamil. Bahkan wajib dibaca oleh setiap perempuan, dan para lelaki... tak kalah wajibnya--agar tak gaptek memperlakukan pasangannya. Yang jelas isi buku ini ada-ada saja. Baca sendiri dan buktikan, dijamin ngakak saat lihat cover, baik depan maupun bekalang, hingga blurb.

7. New Emon (Oben Cedrics, GradienMediatama)

Bella merupakan vampir perempuan yang memilki kekalutan pada masa lamapau, karena dia trauma merasakan atau jatuh cinta kepada seorang pria. Dia bernekad dan berjanji bahwa dia tidak akan mencari seorang pria di sekolah yang sama. Bella pun berniat untuk pindah sekolah ke daerah Bandung.

Di sekolah baru itu, Bella menemukan seorang pria yang dapat membuat hatinya bergetar dan dia menghiraukan janji yang pernah ia buat untuk dirinya sendiri pada saat sebelum pindah ke Bandung. Pria yang akrab dipanggil Emon, sedikit mengingatkan mantan Bella, karena bernama hampir sama, yaitu Edward Montok (Emon).

Bella pun mulai ingat, bahwa ia pernah membuat janji dan trauma dengan pria yang bernama Edward. Namun Emon berhasil membuat Bella lupa akan segala janjinya,karena wajah Edward yang dapat dikatakan Tampan. Disamping itu, janji itu tetap berlaku bagi Bella, karena tidak disekolah yang sama.

Bella pun akhirnya merasakan jatuh cinta kembali dengan nama yang sama, yaitu Edward, yang membedakannya hanyalah lubang hidungnya yang sangat besar.

Emon yang sedang merasakan indahnya jatuh cinta ternyata nyawanya terancam dari para waremolf, Bella pun merasa takut akan terancamnya nyawa Emon, Bella berusaha melindungi Emon dengan segala hal. Mampukah Bella dan Emon melanjutkan hubungannya ditengah tengah ancaman bahaya besar yang mengancam Emon.

8. Cinta - Sebuah Rumah Untuk Hatimu (Ollie, GagasMedia)
Apa kau percaya jika hati selalu mengikuti kemana cinta pergi?

Bila kau diposisi itu, apakah kau rela melapaskan semua -pekerjaan mapan, bahkan kenyamanan hidup- demi selalu berada disisinya? Tak ada yang menjanjikan semua akan baik-baik saja. Bisa jadi kemudian kau mengeluh, merutuk, bahkan menangis karena kerasnya hari-hari yang kau hadapi.

Tapi kemudian, dia menggenggam tanganmu -berusaha meyakinkanmu-. Kau meragu, tetapi juga tak bisa menolak tawaran cintanya. Pelan-pelan kau melanjutkan langkah. Memantapkan hati berjalan ke arahnya yang bersiap-siap menyambutmu dengan pelukan. Kali ini kau tak bisa membantah. Kau tahu, sejauh apa pun kau pergi, hatimu kembali padanya.

Kepada cinta...

******

Yak guys, segitu aja dulu yahh.. sebenernya masih ada beberapa lagi tapi aku cape ngetik hihihi
See yaa guyss..
Keep blogging and stay cool (y)

Best Regrats,
Huhulicious

No comments:

Post a Comment

Cuma baca aja? Yuk tinggalin jejak, supaya aku bisa kunjung balik dan ninggalin jejak di blog kamu :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...