Ocehan Gue Nih :D

Wednesday 12 June 2013

Nikmati Prosesnya, Bukan Hasilnya

Yaaaap. I hate this day. Gue berangkat kuliah pagi-pagi supaya enggak kena macet. Gue emang gak punya firasat kalo Samarinda hari ini masih digenangin sama air banjir. Secara daerah rumah gue yg langganan tergenang kering sama sekali. Tapi apa daya, waktu gue mulai memasuki jalan Remaja, gue udah disambut sama air banjir. Gak dalem sih, tapi cukup bikin basah.
Gak cuman sampe situ, rute berikutnya gue kembali disambut sama banjir yg lebih dalem disekitar jalan Cendrawasih, lengkap dengan macetnya. Mau muter, nanggung udah setengah jalan. Akhirnya gue pasrahin sepatu gue basahin demi keselamatan gue semata. Dan, dirute selanjutnya air banjir kembali menyambut pagi gue. Dengan banjir yang kira-kira sedalem lutut orang dewasa, gue pukpuk motor gue supaya knalpotnya aman dan sehat sentosa. Gusti Tuhan, motor gue selamat.

Hari ini UASnya gak nyante alias hapalan semua. Ya kalo satu mata kuliah sih oke aja, lah ini dua mata kuliah sekaligus dan hapalan semua. Cukup menguras otak gue memang.

Posisi gue sekarang ada di dalam perpustakaan dan lagi menghapal mati buat uas selanjutnya dalam beberapa jam nanti. Gue gak mau gagal lagi kayak uas tadi pagi. Huffffffft.

Dan disela-sela gue lagi ngapal, gue perhatiin beberapa orang cara belajar beda-beda. Ada yg kayak gue, belajar sambil ngomong sendiri kayak lagi ngajarin orang. Ada juga yg belajarnya cuma ngebaca slide dari dosen. Emang sih, cara orang menyerap materi itu beda-beda begitu pun sama cara belajarnya. Kalo gue lebih suka belajar sambil didampingin musik. Terus gue baca itu materi, dan ketika udah gue baca beberapa halaman, materi itu gue tutup. Terus gue tulis apa yg inget dari apa yg gue baca tadi, gak jarang gue baca dua sampe tiga kali baru gue tulis. Terus gue cek lagi, udah bener apa masih salah pemahaman gue. Hehehe. Ribet ya? Ya emang.

Penulisan note ini berlanjut di rumah. Tiba-tiba gue kepikiran juga sama cara masing-masing individu dalam ngerjain soal. Gue gak mau nyinggung siapa-siapa sih, tapi ini dari kaca mata gue, sekedar analisa.

Di saat pikiran gue sudah stuck dan gak mau untuk berfikir mencari jawaban lagi (kondisinya lagi kerjain soal ujian di kelas), gue suka aja perhatiin temen-teman gue. Tapi apesnya gue malah disangka nanya jawaban sama pengawas. Malah tadi siang, gue ngetawain kuesioner yg dikasih pihak kampus ke temen gue dan ngebandingin sama kuesioner yg gue isi, gue malah disangka tukeran jawaban dari sono. Duh pengawas ujian sekarang kok suka negatif thinking yak? Hffft.

Oh iya, balik ke tipe masing-masing individu ngerjain soal. Ada yg sibuk kerjain soal dengan kerja keras sendiri alias hasil belajar semalaman, ada yg gak tau jawaban tapi pura-pura berfikir keras nyari jawaban (kayak gue, misalnya), ada yang tergantung banget sama orang lain alias nyontek, dan bahkan ada juga yang ngerpek pake henpon. Gue enggak mau menghakimi mereka sih, toh semua bakal balik ke individunya masing-masing. Karma di masa depan tentunya.

Gue emang enggak selalu bisa kerjain soal sendiri, ada kalanya gue gak tau sama sekali jawabannya dan gak bisa bikin jawaban alibi. Kalo pengawasnya enak sih, gue masih bisa nanya. Itu pun tetap waspada. Tapi kalo pengawasnya punya mata dewa, alias ngupil aja kita keliatan, jangan harap deh, mending dikosongin aja. Atau paling banter jawab seadanya.

Pernah satu kali gue nyoba ngerpek pake liat henpon, itu pun terpaksa karena waktu itu gue emang gak belajar. Ada sesuatu yg gue gak bisa sebutin kenapa. Gue ngerpek lah pake henpon, eh gue cerita ke temen gue. Gue emang gak dikomentarin macem-macem, tapi tau kan sekarang lagi jamannya nyinyir lewat twitter? Itu lah. Baru sekali gue ngelakuin begitu aja udah kena nyinyir, lah yg sering begitu gimana? Hhhffftt.

Tapi gue juga punya temen yg emang nilainya selama ini 'real', asli dari hasil kerja kerasnya sendiri. Orangnya emang pinter dan cepet tanggap, gak heran kalo indeks prestasinya selalu tinggi. Bayangin, gue jadi termotivasi. Hihihi.

Ngomongin soal indeks prestasi, alias ip, semester tiga kemaren, pencapaian gue lumayan. Emang, gue study hard banget pas uts dan uas. Dan hasilnya, cukup memuaskan untuk melihat senyum kebanggaan di kedua orang tua gue. Hehehe. Dan target gue semester ini adalah bakal pertahanin itu.

Apapun, semua dilihat dari prosesnya bukan hasilnya. Dan proses itu yg bakal ngebentuk kepribadian kamu ke depannya. Selamat malam.

No comments:

Post a Comment

Cuma baca aja? Yuk tinggalin jejak, supaya aku bisa kunjung balik dan ninggalin jejak di blog kamu :)

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...